Jakarta, 14 November 2025 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta (KAI Daop 1 Jakarta) terus berkomitmen meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan. Sebagai bagian dari upaya tersebut, KAI Daop 1 Jakarta melakukan pekerjaan peninggian Peron 2 di Stasiun Sukabumi untuk menunjang proses naik dan turun penumpang yang lebih aman, mudah, dan nyaman.
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan bahwa peninggian peron ini merupakan langkah penting dalam memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) sekaligus meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat.
“Selain sebagai pemenuhan SPM, KAI Daop 1 Jakarta juga terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal demi keamanan dan kenyamanan pelanggan. Peninggian peron ini kami lakukan agar akses penumpang ke kereta menjadi lebih aman, khususnya bagi lansia, anak-anak, dan pelanggan dengan mobilitas terbatas,” ujar Ixfan.
Ixfan menambahkan bahwa pekerjaan peninggian Peron 2 Stasiun Sukabumi ditargetkan dapat selesai sebelum akhir tahun ini, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh seluruh pengguna jasa.
Selama proses pekerjaan berlangsung, KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan. KAI juga mengimbau seluruh penumpang untuk senantiasa berhati-hati, mengingat terdapat aktivitas pekerjaan dan sejumlah material proyek di area stasiun maupun peron.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama proses pekerjaan berlangsung dan mengimbau pelanggan agar selalu berhati-hati saat berada di area stasiun. Keselamatan pelanggan tetap menjadi prioritas utama kami,” tambah Ixfan.
Stasiun Sukabumi merupakan salah satu stasiun dengan mobilitas pelanggan tinggi, dengan total 14 perjalanan kereta api per hari, terdiri dari:
8 perjalanan KA Pangrango
6 perjalanan KA Lokal Siliwangi
Rata-rata per hari, Stasiun Sukabumi melayani sekitar 3.000 pelanggan naik dan turun pada hari kerja (weekday), dan meningkat hingga 4.000 pelanggan pada hari libur (weekend).
KAI Daop 1 Jakarta memastikan peningkatan fasilitas seperti ini akan terus dilakukan untuk mendukung standar pelayanan yang aman, andal, dan nyaman bagi masyarakat.
“Kami berterima kasih atas dukungan seluruh pengguna jasa. KAI akan terus berinovasi dan melakukan perbaikan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Ixfan.
Salam,
Ixfan Hendriwintoko
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta
Artikel ini juga tayang di VRITIMES






